Selasa, 26 Februari 2008

Formulir

Atau formulir umumnya dipakai di perusahaan, organisasi, toko, usaha pribadi atau usaha lainnya. Berbagai fungsi form atau formulir antara lain adalah sebagai catatan mutasi transaksi baik transaksi produk maupun finansial. Catatan-catatatan yang kami maksud antara lain transaksi internal perusahaan, eksternal perusahaan, track record, absensi karyawan, histori perawatan mesin, histori perawatan kendaraan dsb.

Bentuk atau kemasan serta bahan baku produk form ini juga beracam-macam, ada yang berbentuk kertas lembaran, ada kertas lembaran yang kemudian dijilid berbentuk buku atau ada juga berbentuk karton lembaran. www.paintbox.co.id

Di dalam sebuah perusahaan terdiri atas beberapa divisi atau bagian atau seksi atau lainnya sesuai dengan istilah yang dipakai pada perusahaan tersebut.

Untuk aktifitas di personalia atau HRD dan General Affair (GA) formulir-formulir yang dipakai antara lain : Surat ijin keluar atau meninggalkan pekerjaan, surat ijin cuti, surat ijin tugas luar, surat ijin pemakaian kendaraan dinas, surat ijin dinas luar, form permintaan lembur, form absensi karyawan, forma biaya perjalanan dinas dll.

Untuk aktifitas di bagian accounting atau finance formulir-formulir yang dipakai antara lain : Faktur penjualan, Faktur Pajak, Kas Bon sementara, Bukti Pengeluaran Kas, Slip Gaji dll.

Untuk aktifitas di bagian produksi formulir-formulir yang dipakai antara lain : Formulir Transaksi atau Transaction Form, Work Order, Job Order, Label hasil produksi, laporan produksi, penggantian part rusak, form pengiriman finished good, label status produk dll.

Dan masih banyak lagi form lainnya yang dipakai di sebuah perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar